Kesadaran Masih Rendah, Konsumen Perlu Bijak Gunakan Pinjaman Online

Korban bisa rusak nama baiknya, dimusuhi oleh keluarga, diusir dari rumah, cerai, bahkan bunuh diri. Mereka juga meminta Arief mengirim pesan ke semua kontaknya, mengondisikan mereka kalau-kalau penagih utang juga mengganggu mereka, modus yang umum dilakukan pinjol ilegal. “Biaya tambahan lainnya tinggi bisa mencapai 40% dari nilai pinjaman, selain itu jangka waktu pelunasan singkat tidak sesuai kesepakatan. Mereka juga melakukan penagihan tidak beretika berupa terror, intimidasi dan pelecehan, serta tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas.”papar Bambang Mukti Riyadi.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk melunasi pembayaran kredit adalah meminta bantuan dari keluarga dekat. Sobat Pintar bisa meminjam uang dari sanak famili atau teman-teman. Meski meminjam kepada sanak keluarga berisiko penolakan atau hubungan keluarga yang memburuk, namun tidak ada salahnya mencoba. Tentu saja, ini akan sangat merugikan Sobat Pintar ketika membutuhkan pinjaman dana darurat. Oleh karena itulah, penting sekali mempunyai skor kredit baik agar memudahkan Sobat Pintar mendapatkan pinjaman dana tunai ketika kondisi krusial/mendesak.

Selain itu, proses verifikasi layanan pinjaman legal umumnya dilakukan melalui aplikasi resmi. Harap hati-hati jika memutuskan untuk memakai pinjaman online atau pinjol. Setiap platform pinjaman online OJK mesti memiliki layanan pengaduan konsumen. Ini tentunya akan sangat membantu masyarakat bertanya dan memberitahu apabila terjadi kendala.

Jatim Newsroom – Otoritas Jasa Keuangan melalui Satgas Waspada Investasi telah mengambil langkah cepat dan tegas bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menindak pinjaman online ilegal/rentenir online yang berpotensi melanggar hukum. Bagaimanapun aplikasi cicilan dan pinjaman, akan bermunculan tiap bulannya. Anda, sebagai konsumen juga harus selektif dalam memilih yang legal, berbunga rendah serta tenor yang fleksibel. 4.Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

Ini hal penting yang tak boleh dilewatkan yakni meneliti isi kontrak beserta menanyakan isi kontrak bila ada yang tak kamu pahami. Kontrak merupakan dasar hukum pinjam meminjam sehingga segala hak dan kewajiban pihak yang terlibat diatur di dalamnya. Kontrak pinjaman pun bervariasi, dari yang simpel seperti pinjaman dana tunai jangka waktu pendek, sampai yang cukup rumit terkait usaha, seperti jika terdapat jaminan atau agunan atas pengajuan pinjaman.

Keuangan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*